Home

Jumat, 06 Januari 2023

SIKLUS AIR


 

“SIKLUS AIR”

Tahapan Siklus Air
Mengutip dari laman Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air, berikut ini beberapa tahapan siklus air yang perlu kamu ketahui. Supaya lebih paham, perhatikan gambar siklus air berikut ini
!

Secara singkat, siklus air berawal dari terjadinya evaporasi atau penguapan pada air laut, sungai, maupun danau. Pada gambar di atas, nomor 1 menunjukkan adanya proses konduksi dari panas matahari ke air laut.

Lalu, di nomor 2 terjadilah proses evaporasi dimana air laut mengalami penguapan akibat udara panas. Evaporasi mengubah wujud air yang tadinya cair menjadi gas yang akhirnya membentuk partikel-partikel sehingga muncul awan.

Proses kemunculan awan disebut dengan kondensasi yang ditunjukkan nomor 3. Kemudian, awan akan berpindah tempat karena tiupan angin dan berkumpul di atmosfer, proses ini disebut dengan adveksi.

Proses siklus air selanjutnya pada nomor 4, partikel awan mengalami pencairan karena suhu udara yang tinggi dan menyebabkan hujan turun ke permukaan bumi yang disebut juga dengan presipitasi.

Air hujan yang turun ke bumi akan meresap ke dalam tanah atau infiltrasi yang ditunjukkan pada nomor 5. Proses ini membawa air tanah akan menuju kembali ke laut. Nah, proses siklus air tersebut akan terus berulang dan berlanjut secara teratur jika tidak terjadi hambatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOLERANSI DALAM KEBHINNEKAAN BANGSA

  TOLERANSI DALAM KEBHINNEKAAN BANGSA   Toleransi berasal dari bahasa Latin 'tolerantia' yang memiliki arti kelembutan hati, kel...